Solusi Masalah Seputar Internet Banking Bank Mega

iBanking Bank Mega - Mega Internet adalah layanan perbankan electronic yang disediakan bagi Nasabah untuk mengakses rekeningnya dan melakukan transaksi perbankan non tunai melalui jaringan atau media internet.

Manfaat

  • Cukup dengan sekali transaksi Anda dapat melakukan transaksi rutin yang berulang dalam periode tertentu.
  • Anda dapat secara sekaligus membayar beragam tagihan dalam satu kali proses transaksi.
  • Layanan beroperasi dan dapat diakses 24 jam.

Syarat dan Ketentuan

  • Merupakan Nasabah perorangan.
  • Memiliki rekening tabungan dan/atau giro dalam mata uang Rupiah dengan status aktif.
  • Memiliki kartu ATM (Mega Pass atau Mega First) dengan status aktif.
  • Memiliki SIM Card atau nomor ponsel untuk menerima One Time Password (OTP).
  • 1 (satu) CIF hanya dapat didaftarkan dengan 1 (satu) user id.

Pengamanan

  • Enkripsi Security Socket Line (SSL) 128 bit, sertifikasi Verisign.
  • Penggunaan User ID dan Password untuk akses layanan.
  • Dilengkapi dengan password dinamis (OTP) untuk otorisasi setiap transaksi.

Biaya Transaksi

  • Dikenakan biaya atas setiap pengiriman SMS Mega OTP yang besarnya sesuai kebijakan masing-masing operator.
  • Biaya admin untuk transfer antar bank online (Rp 6.500), SKN (Rp 3.000), RTGS (Rp 15.000), pembayaran PLN (Rp 3.000), PLN Prepaid (Rp 2.500), PAM (Rp 2.500), Telkom (Rp 2.500), Transvision/Telkomvision (Rp 2.500), Speedy (Rp 2.500), Garuda (Rp 2.000) & kartu kredit bank lain (Rp 5.000)

Bagaimana cara registrasi agar nasabah memperoleh layanan Mega Internet ?

  • Registrasi layanan Mega Internet melalui Mega ATM untuk mendapatkan verification code.
  • Registrasi Online di www.bankmega.com dengan memasukkan data Verification Code, nomor kartu ATM dan selanjutnya membuat User ID, Password, mendaftarkan alamat email, menentukan nomor Ponsel yang yang akan digunakan untuk menerima Mega OTP serta memilih Security Image dan Security Question.
  • Melakukan Aktivasi Mega OTP untuk dapat melakukan transaksi finasial melalui menu administrasi.

Bagaimana jika verification code yang tertera di struk tidak terbaca atau hilang?

  • Nasabah dapat melakukan registrasi kembali melalui Mega ATM untuk mendapatkan verification code yang baru.

Setelah Nasabah registrasi layanan Mega Internet melalui Mega ATM dan Registrasi Online, transaksi apa yang dapat dilakukan nasabah?

  • Nasabah dapat melakukan transaksi non finansial seperti informasi saldo, mutasi rekening atau informasi kurs/suku bunga.
  • Untuk dapat dapat melakukan transaksi finansial seperti transfer, pembayaran kartu kredit atau pembelian voucher pulsa isi ulang harus melakukan aktivasi Mega OTP terlebih dahulu melalui menu administrasi.
Nomor ponsel dari operator mana saja yang dapat digunakan untuk registrasi online layanan Mega Internet untuk menerima OTP?
  • Nomor ponsel adalah milik nasabah sendiri dan saat ini nomor yang dapat digunakan adalah dari operator Telkomsel, Indosat dan XL/Axis.

Fitur apa saja yang tersedia saat ini pada layanan Mega Internet ?

1. Transaksi Non Finansial
  • Informasi Saldo
  • Mutasi Rekening
  • Histori transaksi (3 bulan)
  • Informasi kurs valas
  • Informasi suku bunga
  • Informasi status transaksi
  • Aktivasi Mega OTP

2. Transaksi Finansial

a. Transfer
  • antar rekening
  • antar bank via online (melalui jaringan Prima dan ATM Bersama)
  • antar bank via LLG
  • antar bank via RTGS
b. Isi Ulang
  • Listrik Prabayar (PLN)
  • Telepon/ Handphone (Voucher Telkomsel, XL/Axis, Mentari, IM3, Esia, StarOne, Smartfren dan Flexi Trendy
  • Mega Cash
c. Pembayaran
  • Tagihan PLN
  • Air (Palyja, Aetra dan PDAM Kota Surabaya)
  • Kartu Kredit Bank Mega & Bank Lainnya
  • Telepon/Handphone (kartuHalo, XL Pasca Bayar, Matrix, Telkom, Esia StarOne dan Smartfren)
  • TV Berlangganan (TransVision/Telkomvision, Indovision, Oke Vision, Top TV)
  • Tiket (Garuda Indonesia dan Kereta Api)
  • Internet (Speedy)
d. Pembukaan Rekening Deposito 

Bagaimana jika nasabah lupa User ID atau lupa jawaban dari Security Question?

  • Nasabah harus mengajukan Delete User ID melalui customer service Bank atau melalui Call Center/Mega Call, kemudian melakukan registrasi ulang layanan Mega Internet melalui ATM.

Bagaimana jika nasabah lupa password?

  • Nasabah login ke layanan Mega Internet dengan memasukkan User ID, kemudian klik link Lupa Kata Sandi. Nasabah diminta menjawab pertanyaan atas Security Question yang ditampilkan kemudian Password sementara otomatis akan dikirim ke alamat email.

Bagaimana jika salah memasukkan Password atau Mega OTP?

  • User ID atau Mega OTP akan terblokir jika pengguna atau Nasabah salah memasukkan Password atau Kode Otentikasi sebanyak 3 (tiga) kali secara berturut-turut.

Bagaimana jika User ID atau Mega OTP terblokir atau terkunci (lock)?

  • Nasabah dapat mengajukan pemblokiran atau pembukaan blokir melalui customer service Bank atau melalui Call Center/ Mega Call.

Bagaimana jika nomor ponsel tidak ditampilkan saat nasabah registrasi online atau nomor ponsel yang ditampilkan sudah tidak digunakan kembali?

  • Nomor ponsel yang ditampilkan diambil dari data CIF sehingga Nasabah harus ke cabang Bank Mega terdekat untuk melakukan update CIF dengan no ponsel terkini, setelah itu dapat melanjutkan registrasi online kembali.

Bagaimana cara menganti no ponsel jika nasabah sudah terdaftar layanan Mega Internet?

  • Nasabah harus ke cabang Bank Mega terdekat untuk melakukan update CIF dengan no ponsel terkini, lakukan penghapusan atau delete User ID kemudian dilanjutkan registrasi ulang layanan Mega Internet melalui ATM.

Berapa nomor short code Bank Mega untuk pengiriman Mega OTP melalui SMS?

  • Short Code Bank Mega adalah 3377.

Apakah pergantian kartu ATM Mega Pass / Mega First ataupun kartu ATM kadaluarsa berpengaruh pada layanan Mega Internet yang sudah didaftarkan?

  • Pergantian kartu ATM Mega Pass/Mega First ataupun kartu ATM kadaluarsa tidak berpengaruh atau tidak menghapus layanan Mega Internet yang sudah dimiliki.

Berapa lama masa berlaku Mega OTP dan untuk berapa transaksi?

  • Masa berlaku Mega OTP adalah 5 menit dan satu Mega OTP hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi.

Apa saja penyebab Mega OTP terlambat/tidak terkirim ke nomor ponsel nasabah?

  • Bisa disebabkan jaringan telekomunikasi milik operator mengalami gangguan atau pulsa yang dimiliki Nasabah tidak mencukupi.

Berapakah biaya SMS yang dibebankan operator dalam setiap penggunaan OTP untuk otentikasi transaksi dalam layanan Mega Internet?

  • Nasabah akan dikenakan biaya SMS sebesar Rp 500,- (lima ratus rupiah).

Limit transaksi apakah yang Nasabah dapat dengan melakukan registrasi layanan Mega Internet ?


Apakah nasabah dapat mengajukan perubahan limit transaksi layanan Mega Internet?

  •  Nasabah dapat mengajukan perubahan paket limit melalui Customer Service cabang terdekat.

Nasabah Mass Market atau Mega First dapat mengajukan perubahan limit menjadi limit apa saja?

  • Nasabah MegaFirst dapat mengajukan perubahan menjadi limit Gold atau limit MegaFirst.
  • Selain Nasabah MegaFirst hanya dapat mengajukan perubahan limit menjadi limit Gold.

Apakah penyebab Nasabah tidak dapat atau gagal melakukan pendaftaran/ registrasi layanan Mega Internet melalui ATM?

  • Rekening nasabah berstatus ‘Close’.
  • Kartu ATM MegaPass / MegaFirst tidak ‘Aktif’.
  • Nasabah telah terdaftar sebagai pengguna Mega Internet (1 (satu) User ID untuk 1 (satu) CIF nasabah)

Berapakah biaya SMS yang dibebankan operator dalam setiap penggunaan OTP untuk otentikasi transaksi dalam layanan Mega Internet?

  • Nasabah akan dikenakan biaya SMS sebesar Rp 500,- (lima ratus rupiah).

Bagaimana jika nasabah ingin mengajukan perubahan atau penambahan rekening sebagai sumber dana?

  • Nasabah dapat mengajukan perubahan rekening sumber dana (tambah atau hapus) melalui customer service cabang terdekat atau call center/Mega Call.

Apakah yang harus dilakukan nasabah pada saat kehilangan ponsel beserta nomor ponsel yang terdaftar layanan Mega Internet?


  • Nasabah disarankan melakukan pemblokiran layanan Mega Internet melalui customer service cabang terdekat atau call center/Mega Call.

Bagaimanakah nasabah dapat melakukan penutupan layanan Mega Internet?


  • Nasabah dapat melakukan penutupan layanan Mega Internet melalui customer service cabang Bank Mega atau melalui call center/Mega Call.

Melalui sarana apa notifikasi atas transaksi finansial dikirim?


  • Notifikasi atas transaksi (berhasil/gagal) akan dikirim ke alamat email yang didaftarkan.

Apa kegunaan fitur pembayaran rutin sekaligus?


  • Nasabah dapat melakukan beragam pembayaran sekaligus dengan hanya satu kali proses otentikasi saja.

Status rekening gabungan apa yang dapat didaftarkan layanan Mega Internet?


  • Status rekening gabungan join or atau join QQ dapat didaftarkan layanan Mega Internet.

Advertisement
Solusi Masalah Seputar Internet Banking Bank Mega
Buka Komentar