Tips Dan Panduan Transaksi Bank Nasabah Baru

Info Perbankan - Tips dan Panduan Transakasi ATM Untuk Nasabah Baru - Sudah biasa jika anda nasabah baru bank apa saja, ketika melakukan transakasi melalui ATM pasti merasa ragu dan khawatir sehingga sering bertanya kepada orang lain yang ada dekatnya, kalaupun beriat melakukan penarikan Uang di ATM sendiri nanti kartu ATM jangan jangan tertelan, kadang saat melakukan pembayaran salah kirim ke nomer rekening orang lain, takut gagal transaksi, dan lain lain.

Untuk membantu keraguan dan kekhawatiran anda, saya ada tips dan panduan-nya dari mulai memiliki ATM hingga ketika menggunakan-nya, silahkan baca dengan seksama..


1. Pada Saat Menerima Kartu ATM
  1. Segera tanda tangani kartu pada kolom signature panel. 
  2. Buat catatan berisi nomor rekening, nomor kartu dan nomor telepon cabang dan Mandiri Call. Simpanlah catatan ini di tempat yang aman. 
  3. Segera lakukan penggantian PIN awal. Selanjutnya biasakan mengganti PIN secara berkala. Hindari membuat rumusan PIN yang mudah ditebak misalnya tanggal lahir, atau nomor telepon. 
  4. Hapalkan PIN. Hindari menulis PIN di dompet, tas, pada kartu atau media lain yang mudah dibaca orang lain 
  5. Dianjurkan untuk melakukan registrasi/pendaftaran sarana ebanking lainnya seperti Internet Banking, SMS Banking dan Mandiri Call, agar lebih mudah untuk memonitor rekening.
2. Selama Menjadi Nasabah 
  1. Jangan pernah memberitahukan PIN kepada orang lain, baik lisan, melalui telepon atau SMS 
  2. Jangan pernah memberikan nomor kartu kepada pihak lain selain kepada Bank Mandiri. 
  3. Pastikan kartu selalu berada di tempat yang aman. 
  4. Kartu jangan sampai tertekuk atau tergores. 
  5. Segera telepon  Call center bank tempat anda menabung apabila kartu hilang atau dicuri, sekaligus minta agar kartu diblokir. 
  6. Dalam melakukan pembayaran tagihan PLN dan Telkom, sebaiknya lakukan pembayaran lebih dini, mengingat pada saat menjelang due date pembayaran, biasanya akan terjadi load yang sangat tinggi pada system PLN dan Telkom, sehingga tingkat keberhasilan transaksi bisa menurun. 
3. Saat Bertransaksi 
  1. Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing/kabel yang tidak wajar. 
  2. Segera pindah ke ATM lain jika lokasi ATM gelap atau tersembunyi 
  3. Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu. 
  4. Untuk menghindari terjadinya salah bayar, maka sebelum melakukan konfirmasi akhir untuk transaksi pembayaran yang dilakukan, periksa kembali secara seksama (melalui screen konfirmasi) data nomor telepon, ID pelanggan PLN, kode booking, atau nomor kartu kredit yang telah dientry sebelumnya. 
  5. Periksa bukti transaksi sebelum meninggalkan ATM. Simpanlah bukti tersebut. 
  6. Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan masuk kembali ke dalam mesin. 
  7. Hindarkan menghitung uang di tempat yang terbuka 
  8. Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi petugas cabang. Apabila petugas cabang tidak ada segera hubungi Call center dan minta kartu agar diblokir. 
<< Baca juga: Solusi Nomer Ponsel Yang terdaftar iBanking Dan SMS Banking Hilang >>
 Itulah beberapa tips dan panduan transaksi untuk anda nasabah baru, bukan yang baru saja nasabah lama juga kadang belum paham betul dengan keamanan transaksi
Advertisement
Tips Dan Panduan Transaksi Bank Nasabah Baru
Buka Komentar